Senin, 16 Mei 2011

Meningkatkan Kecerdasan IQ Anak Dengan Cara Berenang

iq

Ajaklah si kecil berenang, karena walaupun baru lahir pun tak akan tenggelam kalau dicemplungkan ke dalam air. Secara statistik IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi ketimbang anak-anak yang tak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Anak-anak tersebut diukur IQ-nya ketika mereka berusia 10 tahun. Tak hanya itu, pertumbuhan fisik, emosional, dan sosialnya pun lebih baik.

Penelitian lain menunjukkan, bayi lebih gampang diajarkan berenang ketimbang orang dewasa karena bayi tak pernah memiliki faktor X, semisal bahaya. Lagi pula, bayi sangat menyukai air sehingga ia pun akan senang diajak berenang dan hal ini membuatnya jadi lebih mudah belajar berenang.

Lalu bila kita meletakkan bayi usia di bawah 3 bulan di dalam air, secara otomatis ia akan menggerak-gerakkan kakinya menyerupai paddle dog sehingga tak tenggelam. Bisa dikatakan, pada usia di bawah 3 bulan bayi sudah bisa berenang dengan gaya primitif. Soalnya, dengan ada gaya gravitasi, ia merasa ditekan dari bawah air sehingga ia bisa mengambang. Ia pun jadi senang. Apalagi sejak di perut ibu, bayi sebenarnya juga sudah berenang dalam air ketuban selama 9 bulan.

Yang penting dan harus diperhatikan, ketika berenang, bayi harus merasa aman dan memang harus ada pengaman. Jadi, orangtua harus mendampinginya dan orangtua pun harus ikut berenang agar bayi merasa diperhatikan dan agar ada interaksi antar anak dan orangtua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar