Senin, 16 Mei 2011

5 Cara Berkomunikasi Yang Baik Kepada Anak


anak

Sebagai orang tua, Anda harus memilih kalimat / kata yang tepat saat sedang berkomunikasi dengan si kecil. Terkadang komunikasi yang salah bisa berdampak buruk terhadap anak. Cobalah untuk menghindari cara bicara yang tidak baik untuk anak. Karena jika kita sebagai orang tua berbicara kepada anak dengan kata-kata yang tidak baik, maka anak kita akan mengikuti apa yang kita katakan. Karena daya otak anak lebih mudah di serap dan cepat tanggap.

Menurut Maggie Macaulay, MS ED pemilik Parenting Whole Heart, pemahaman yang tepat untuk berkomunikasi dengan anak adalah salah satu kunci sukses untuk menghindari kesalahan pengasuhan.

1. Bersikap sopan terhadap anak

Jika Anda ingin meminta tolong kepada anak, sebaiknya berbicara dengan jelas dan sopan. Sebaiknya gunakan seperti kalimat ”Nak, tolong ambilkan minum untuk ibu ”. Meminta pertolongan kepada anak juga dapat dilakukan dengan memberikan sesuatu yang membuat mereka terpacu untuk melakukannya.

2. Jangan memberi harapan kosong kepada anak

Bila anak memberikan pertanyaan kepada Anda yang mengharuskan untuk menjawab pertanyaan tersebut, tunjukkan komitmen dalam menjawab pertanyaan. Hindari kata ’mungkin” untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh anak. Berikanlah anak jawaban yang pasti yaitu dengan mengajukan batas waktu untuk memenuhi permintaan anak. Seperti ”mama akan membelikan kamu sepeda bulan depan ya ”, karena dengan jawaban yang pasti tersebut akan dicontoh oleh anak dalam mengambil keputusan.

3. Membedakan perintah kepada setiap anak

jika Anda ingin memberikan perintah kepada anak untuk melakukan sesuatu dengan cepat, jangan menyamakan perintah tersebut pada semua golongan usia anak, karena yang akan terjadi mereka akan salah mengartikanya. Anda perlu mendefinisikan lebih jelas kepada anak diusia kurang dari 6 tahun untuk menyuruhnya lebih cepat, seperti ”waktunya lima menit lagi ya”.

4. Menyelesaikan masalah dengan cara efektif

Jika Anda sudah mulai kehilangan kesabaran terhadap anak, sangat mudah untuk menyuruhnya pergi kembali ke kamarnya agar situasi tidak semakin memburuk. Tetapi menurut Macaulay, tindakan seperti itu tidak akan efektif karena anak Anda tidak akan merenungkan dan memperbaiki kesalahannya. Macaulay menyarankan sebaiknya menyelesaikan masalah tersebut dengan anak.

5. Hindari mengulang perintah kepada anak

Ketika Anda meminta pertolongan kepada anak, hindari memintanya berulang-ulang yang berakibat anak akan enggan untuk melakukan apa yang Anda perintahkan. Berilah peringatan kepada anak untuk melakukan perintah dengan satu kali ucapan agar anak merasa nyaman untuk melakukan perintah Anda.

Berkomunikasi lah terhadap anak dengan baik, karena itu semua akan memberikan anak lebih baik untuk masa depannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda !!!



Orang lain mencari artikel ini dengan keyword :

BERKOMUNIKASI YANG BAIK PADA ANAK (1), cara berkomunikasi dengan anak kecil (1), cara komunikasi yg baik pada anak (1), memelih komunikasi yang baik (1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar