Senin, 16 Mei 2011

Membangun Kredibilitas Melalui Kesan Pertama

kepercayaanKredibilitas adalah faktor terpenting dalam melakukan suatu bisnis. Bagaimana tidak? Kalau klien anda tidak mempercayai anda, tentunya mereka tidak akan mau bekerjasama dengan anda karena takut dirugikan. Dan Bagaimana Membangun kredibilitas melalui kesan pertama. kredibilitas sendiri dibagi menjadi dua macam berdasarkan jangka waktuya, yakni; kredibilitas jangka panjang, dan kredibilitas jangka pendek. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang kredibilitas jangka pendek terlebih dahulu.

Kredibilitas jangka pendek

Kredibilitas jangka pendek atau kesan pertama adalah perkiraan orang yang baru anda kenal kepada anda (atau sebaliknya). Setidaknya ada tiga faktor yang perlu diperhatikan dalam membangun first impression yang baik.



Penampilan

Bayangkan; anda memperkenalkan diri anda sebagai seorang ilmuwan kepada pemilik perusahaan terkemuka yang saat itu akan mendanai reaserch anda. Anda datang dengan celana jeans sobek-sobek, t-shirt punk, dan rambut di mohawk. Apa reaksi pemilik perusahaan tersebut? Akankah dia mendanai proyek anda?

Namun, bila anda menjual piercing untuk penggemar gaya punk dengan jas laboratorium, kacamata tebal, sepatu kulit, dan celana panjang kerja warna hitam akankah mereka menertawakan anda?


Kebersihan, cara berpakaian, dan bau anda adalah hal pertama yang akan dilihat dan dirasakan oleh orang yang berada di dekat anda.


Tips: Sebaliknya, bila pergi ke pasar tradisional, jangan gunakan kemeja yang di setrika rapi dan celana panjang. Saya pernah melakukannya (karena malas ganti baju) dan hasilnya saya tidak dapat menawar harga.

Sebagian orang tidak menyukai parfum. jadi, berhati-hatilah dengan pengunaan parfum anda!


Sikap (Non Verbal Behavior)

Faktor lainnya yang tidak kalah penting adalah sikap. Manusia pada dasarnya memiliki insting yang menentukan, apakah orang yang baru berkenalan akan mengancam keselamatannya atau tidak. Dalam hal ini mereka bukan mendengar perkataan anda terlebih dahulu, tetapi melihat gerak-gerik anda dan postur berdiri anda. Dari postur tubuh inilah mereka akan memberikan kesimpulan atau asumsi tentang diri anda.

Tips: Ada pepatah yang mengatakkan ”mata tidak pernah berbohong”, tetapi, bila anda berbicara kepada orang lain, perhatikan juga seluruh bagian tubuhnya. Karena, pada umumnya tubuh akan bereaksi secara spontan dan tidak sadar terhadap suatu peristiwa. Buku-buku tentang bahasa tubuh dapat anda temui dan pelajari di universitas-universitas terdekat (disarankan) atau toko buku.

Apabila seseorang merassa aman dan cocok dengan anda, mereka akan meniru postur anda. Hal ini dikenali sebagai ”mirroring”. Cobalah perhatikan dan rasakan!


Tempo dan nada bicara

Inilah hal terakhir yang berpengaruh dalam menciptakan kesan pertama yang baik. Kata-kata anda merupakan hal yang penting, tapi bukan merupakan hal yang utama. kenapa demikian? Karena pada umumnya, orang yang baru saling mengenal akan menjaga tutur katanya. Sedangkan untuk nada bicaranya belum tentu. Pemenggalan kata, jawaban anda terhadap suatu pertanyaan, serta tanggapan anda terhadap suatu pernyataan akan menjadi indikator seberapa ramahnya anda.


Tips: interogasi dilakukan menggunakan cara ini. Misalkan, ada seseorang yang melakukan pembunuhan dan polisi ingin mengetahui senjata yang digunakan untuk membunuh. Ia akan menyanyakan pertanyaan seperti; ”Apakah kamu membunuh menggunakan pisau? Apakah kamu membunuh menggunakan jarum karung? Apakah kamu membunuh menggunakan pemecah es?” Kemungkinan besar, ketika senjata yang benar disebutkan, nada bicara tersangka akan merendah, meninggi, atau terdapat sela yang agak lama sebelum korban menjawab ”tidak”.


Demikian tentang kredibilitas jangka pendek dan tips-tips dari saya. Anda harus membangun kredibilitas jangka pendek dengan menciptakan kesan pertama yang baik. Orang yang gagal dalam menciptakan kesan pertama yang positif sama dengan tentara yang kalah sebelum berperang. Saya tantang anda untuk mengamati dan mempraktekkan ilmu ini! Salam dahsyat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar