Senin, 16 Mei 2011

Bagaimana membangun citra diri yang Anda inginkan?

bagaimana membangun citra diri

Apapun profesi anda dan di manapun anda bekerja. Pada hakikatnya anda dan saya menjual sesuatu. Mungkin ketrampilan anda, mungkin pengetahuan anda, penampilan anda, kemampuan anda dalam berkomunikasi, luasnya jaringan pergaulan anda, nama baik anda, atau produk yang anda ciptakan.

Semuanya punya kesamaan, yaitu anda punya sesuatu yang tidak dimiliki orang lain, dan hal itu dibutuhkan oleh orang lain, menjadi solusi atas masalah orang lain. Bahkan orang lain akan bersedia membayar sejumlah uang kepada untuk mendapatkan solusi atas masalahnya yang anda sediakan baik berupa produk/barang atau jasa.

Namun bukan hanya itu faktor yang menyebabkan orang mencari anda. Orang akan membeli produk atau jasa yang anda tawarkan kepadanya jika mereka mempercayainya. Dan yang paling terpenting adalah mereka juga harus mempercayai kredibilitas kepada anda.

Pertama, bagaimana memperkenalkan diri anda dan kemampuan unik anda yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain, agar orang yang membutuhkan jasa atau produk anda tahu kemana harus mencari solusi dari jawaban masalahnya itu.

Kedua, bagaimana menumbuhkan persepsi di pikiran orang lain bahwa anda credible dan produk anda benar-benar layak dipercaya untuk memberikan solusi dari masalahnya.


Inilah pentingnya personal branding. Bahwa sebelum anda menjual produk atau jasa, anda harus sedikit banyak dikenal dengan citra yang baik. Sehingga orang akan lebih nyaman membeli produk atau jasa yang anda tawarkan kepadanya.

Lalu bagaimana menumbuhkan personal brand?

Sebenarnya ada banyak sekali caranya. Misalnya lewat kartu nama yang anda sebar kepada orang lain, profil pribadi, kurikulum vitae, video presentasi, blog, situs, facebook, jejaring sosial lainnya, dan masih banyak lagi yang tidak mungkin disebutkan satu- persatu disini.

Keuntungan masa kini adalah adanya web 2.0 yang memungkinkan anda berinteraksi dengan orang melalui internet secara lebih intensif dengan biaya lebih murah.

Web 2.0 contohnya adalah facebook, twitter, my space, dll. Dan tahun 2010 diprediksi akan menjadi tahun booming internet di Indonesia.

Ayo bergegaslah membangun personal brand anda.

Apapun profesi anda, anda pasti membutuhkannya.

Salam Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar