Senin, 16 Mei 2011

5 Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut Gelap

gelap

Banyak orang suka takut jika ditinggalkan di tempat gelap, hal ini memang agak memalukan apalagi bagi pria dewasa. Akan tetapi hal itu bukanlah masalah karena di Inggris saja, 10% orang dewasa takut jika ada di dalam kegelapan dan tidak mau jika harus pergi sendiri dan selalu ingin ditemani kawannya. Sebetulnya ada 5 langkah agar kita dapat mengatasi rasa takut dalam gelap yaitu:

1. Bacalah artikel yang inspiratif.

Film horor konon sering ditonton oleh orang-orang yang penakut. Sebab, dengan demikian ia bisa membayangkan apa yang akan terjadi bila ia mengalami seluruh teror itu.

Tetapi daripada nonton atau membaca novel horor sebelum tidur, lebih baik pilih bacaan yang inspiratif. Entah itu buku-buku agama, spiritual, movitasi, apapun yang akan menghangatkan hati Anda.

2. Dahulukan logika.

Begitu Anda mulai merasakan bahwa rasa takut menguasai Anda, mulailah berpikir rasional dengan mengatasi takut itu dengan fakta-fakta. Lihat apa yang mengganggu Anda

3. Ajak teman jalan-jalan malam hari.

Berjalan di kegelapan ditemani beberapa orang membuat Anda akan melangkah dengan percaya diri dan berani. Tak perlu banyak berbicara, nikmati saja suara-suara alam di sekitar seperti suara jangkrik atau hembusan angin yang menerpa pepohonan. Akan sempurna jika bulan sedang purnama, karena Anda akan menikmati indahnya malam hari.

4. Melatih penglihatan pada malam hari.

Ketika kita baru masuk dari ruangan yang terang ke ruangan yang gelap, kita pasti tidak dapat melihat apa-apa. Tetapi perlahan, mata kita akan mulai dapat menangkap obyek-obyek di dalam ruangan. Jika indera penglihatan malam hari ini akan meningkat, dan rasa takut akan berkurang.

5. Meditasi, visualisasi, dan berdoa.

Meditasi sebelum tidur dirasakan banyak orang dapat membuat tubuh dan pikiran jadi rileks, serta membantu melepaskan ketegangan dan mengatasi takut. Berdoa juga membantu kita merasa dilindungi dari lingkungan sekitar, sedangkan visualisasi bisa menjadi cara yang baik untuk menyiapkan pikiran selama pagi hari untuk menerima malam hari.

Rata-rata, hampir semua orang yang takut gelap karena pernah mengalami kejadian buruk saat gelap. Salah satu cara menghilangkan ketakutan adalah dengan menghadapinya lalu coba terapkanlah 5 langkah di atas agar kita mulai terbiasa kembali dengan gelap dan pemberani bukanlah orang yang tidak punya rasa takut sama sekali, melainkan orang yang sanggup mengatasi rasa takutnya.

Orang lain mencari artikel ini dengan keyword :

takut gelap (1)

Artikel 5 Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut Gelap ini dipersembahkan oleh TDWClub.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar